Iklan

WHAT'S NEW?
Loading...

Langkah Dan Cara Membuat Paper Dengan Benar

 Berhubung Saya Mendapatkan Tugas membuat paper Jadi Sekalian Shared ahaahahsoalnya ini juga pertama Kali diberi tugas Review + Paper haha

Pengertian Paper

Definisi dari pengertian Paper sebenarnya adalah makalah. Sedangkan yang membedakannya adalah tujuan dan unsur di dalamnya. Dibandingkan dengan makalah pada umumnya, unsur paper lebih banyak. Kebanyak orang, membuat paper adalah sebagai salah satu pekerjaan untuk memenuhi tugas kuliah yang diberikan oleh dosen dalam rangka memenuhi sekaligus mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswanya yang di didaptkan dari mata kuliah tertentu.
Paper (bukan paper craft) bisa dikatakan sebagai salah satu karya tulisan ilmiah yang memiliki hubungan erat dalam dunia pendidikan. Terkadang kita menyamakan antara makalah dengan paper. Padahal sebenarnya keduanya berbeda. Nah, untuk lebih mengenal dan memahami mengenai paper lebih jauh, admin akan coba menjelaskan mengenai hal-hal yang perlu di perhatikan dalam membuat paper agat bisa menjadi paper yang baik dan benar. Berikut penjelasannya.

Unsur Paper




Baca jugaCara Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Office
Dalam hal ini, unsur paper dikelompokan dalam tiga kategori yang memiliki fungsi dan kegunaanya masing-masing, intinya berisi hal-hal berikut, tidak menutup kemungkinan pasti menyelipkan bagian lain yang di anggap penting :

1. Judul dan Nama Penulis

Dalam setiap karya ilmiah pastilah ada yang namanya identitas para penulis. Saya rasa hal ini tidak perlu saya jabarkan lebih lanjut.

2. Abstrak

Abstrak merupakan isi atau rangkuman dari keseluruhan paper yang telah dibuat, namun diringkas hingga menjadi satu paragraf panjang dan biasanya butuh satu lembar halaman untuk memenuhi abstrak hingga menjadi sangat singkat (jelas).

3. Pendahuluan

Pendahuluan atau Introduction pada dalam sebuah paper, biasanya berisi tulisan garis besarnya dari permasalahan yang hendak dibahas, pada sebuah paper hanya berisi disekripsi singkat tentang pemasalahan atau hal yang akan dibahas, kenapa dan apa tujuan dalam permasalahannya itu. Biasanya berisi hal-hal berikut
  • Deskripsi yang jelas tentang permasalahan dan tujuan dari pembuatan paper tersebut.
  • Tunjukkan / beritahu kenapa permasalahan ini penting, menantang dan menarik untuk di bahas (motivasi).
  • Sedikit review singkat dan jelas mengenai penelitian sebelumnya, sehingga menjadi dasar penelitian kita (scope).
  • Tunjukkan gap / masalah yang ada pada penelitian sebelumnya, agar menjadi pertanyaan yang akan kita selesaikan dalam penelitian kita.
  • Tulis dengan jelas solusi yang diusulkan (proposed approach) dan bagaimana ia bisa mengatasi masalah yang kita sebutkan sebelumnya (solution).
  • Tulislah secara global penemuan yang dihasilkan (result).
  • Lalu tuliskan struktur penulisan bagian-bagian berikutnya (outline).

4. Penelitian Terkait

Pada umumnya sebuah paper terdapat ulasan mengenai penelitian-penelitian terdahulu yang dijadikan sebagai referensi untuk mendasari suatu karya tulis dalam membuatan suatu paper.

5. Metodologi

Sebuah paper yang baik harus ada ulasan tentang metodologi seperti apa dan kegunaannya dalam pembuatan karya ilmiah. Biasanya dijelaskan dengan gambar atau bagan sebagai tujuan untuk mempermudah pemahaman para pembaca dalam memahami isi paper. Jelaskan pula deskripsi masing-masing bagian dalam gambar jika ada.

6. Percobaan dan Hasil

Inilah bagian penting dalam sebuah paper, yaitu data mengenai percobaan, sebuah eksperiment atau riset yang kita lakukan terhadap suatu hal seperti data yang akan digunakan, jumlah data, sumber dan lain sebagainya. Perlu sedikit ketelitian yang baik, karena beberapa hal yang mendasar itu akan tertuang dalam sebuah paper.

7. Pemecahan

Pemecahan pada poin ini adalah hal-hal atau isue yang ingin kamu sampaikan dari penelitian yang telah di lakukan. Semua berisikan ide-ide menarik atau gagasan pada sebuah permasalahan tentang apa yang ingin disampaikan kepada para pembaca dan biasanya berupa opini atau saran.

8. Referensi


davidadinugroho.wordpress.com
Baca jugaFungsi Tombol Ctrl+Alt+Shift Pada Keyboard
Jangan lupa untuk mencantumkan referensi apa saja yang membantu anda dalam pembuatan sebuah paper. Harus memberikan informasi yang jelas terkait sumber atau referensi yang didapat. Termasuk daftar paper di related work, buku atau resource yang telah mendukung dalam menyelsaikan penelitian kita.
Untuk proposal tugas akhir cukup gunakan point no 1, 3, 4, 5, dan 8, pada bagian metodologi lebih di perjelas mengenai input dan output dalam setiap prosesnya.  Tetapi biasanya sudah disesuaikan dengan template yang diberikan dari universitas itu sendiri. Nah, bagi kamu yang mendapatkan mandat untuk buat paper, entah untuk dikumpulkan sebagai tugas kuliah atau untuk dipublikasikan. Tak ada salahnya untuk mecoba sharing ke blog admin yang kece ini hehe. :)

0 komentar:

Post a Comment